Kamis, 14 Februari 2013

Perempuan Aceh Besar terima kucuran Rp 40 M

















INDRAPURI, ACEH BESAR - Sebanyak 12.075 perempuan Aceh Besar menerima kucuran dana hingga Rp 40,6 milar. Dana tersebut dimanfaatkan dikelola oleh kaum hawa yang bergabung dalam 1.190 kelompok Simpan Pinjam Perempuan yang difasilitasi oleh Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Aceh Besar.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah mengatakan total dana yang dialokasikan melalui kegiatan SPP telah dimanfaatkan oleh kaum perempuan Aceh Besar. Dalam bentuk beragam usaha; usaha bersama, aneka usaha dan SPP. Tiap kelompok memiliki beragam jenis produk yang dihasilkan. Seperti halnya produk kerajinan tangan berupa bordiran, rencong serta beragam bentuk makanan khas Aceh.

“Dari dana yang digulirkan melalui PNPM Mandiri Perdesaan telah berhasil diperoleh pendapatan hingga Rp 4,6 milyar. Sebuah pendapatan yang sangat besar yang bisa diperoleh dari kegiatan yang direncanakan, dilakukan dan diawasi oleh masyarakat,” terang Mukhlis Basyah pada kegiatan PNPM MPd Berbagi II di lapangan bola Gampong Pasar Indrapuri, Aceh Besar, hari ini.

Mukhlis Basyah juga mengapresiasi tingkat pengembalian pinjaman masyarakat yang setiap bulannya mencapai 97,4 persen. Dari total kelompok yang berdiri di 22 kecamatan di Aceh Besar. Sehingga pada 2012 telah berhasil dihimpun surplus/laba hingga Rp 2,9 milyar rupiah. Dana tersebut pun kembali dibagi pada masyarakat. Dalam bentuk Bantuan bagi Rumah Tangga Miskin Rp 417 juta bagi 446 Rumah Tangga Miskin di 14 kecamatan.

Selain itu, dana surplus yang dihimpun selama 2012 juga dialokasikan bagi penguatan kelembagaan Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) dan lembaga pendukung lainnya. Juga diberikan dalam bentuk bonus untuk pengurus pengurus UPK Rp 73 juta, penambahan modal usaha Rp 890 juta dan sisa surplus yang tidak dibagikan menjadi dana cadangan/resiko atas pinjaman dan deficit pada tahun sebelumnya.

Kegiatan PNPM MPd Berbagi II ini juga diakui menjadi kegiatan rutin. Setelah pada tahun 2011 juga digelar pembagian dana surplus Rp 203 juta bagi 169 RTM di 6 kecamatan di Aceh Besar. Sehingga ke depan diharapkan kegiatan sejenis yang digulirkan oleh PNPM MPd dapat terus berlangsung dan meningkat.

Sementara itu, Fasilitator Keuangan (Faskeu) PNPM MPd Aceh Besar, Atini menyebutkan dengan tingkat pengembalian yang mencapai 97 persen di 2012. Pada akhir 2013 mendatang diperkirakan dana surplus yang dapat dialokasikan bagi Rumah Tangga Miskin bisa mencapai Rp 1 milyar. Meningkat lebih dari seratus persen dan dapat dinikmati oleh RTM yang berada di 22 kecamatan di Aceh Besar.  (ad).

Sumber: Waspada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar